DEKLARASI SMA NEGERI 3 BOYOLALI SEBAGAI SEKOLAH RAMAH ANAK

Kamis, 14 Juli 2022. SMA Negeri 3 Boyolali mendeklarasikan “Sekolah Ramah Anak”. Sekolah ramah anak merupakan suatu upaya yang dilakukan sekolah sebagai jaminan dalam melindungi dan memenuhi hak anak di sekolah dan dunia pendidikan.

Sekolah ramah anak juga terbuka dalam melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan, kehidupan sosial, serta mendorong tumbuh kembang dan kesejahteraan anak. Sebagaimana yang dicantumkan dalam pasal 4 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak yang menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Kegiatan deklarasi sekolah ramah anak di SMAN 3 Boyolali diawali dengan apel pagi yang diikuti oleh seluruh warga sekolah dan tamu undangan. Kegiatan deklarasi kemudian  dilanjutkan dengan sambutan dari kepala sekolah SMAN 3 Boyolali yaitu Bapak Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Sambutan ini dibacakan di atas panggung yang berada di sebelah selatan lapangan. Pada saat tersebut siswa duduk mendengarkan di sekeliling lapangan sekolah. Setelah itu, kegiatan berlanjut dengan pembacaan teks deklarasi sekolah ramah anak yang ditirukan oleh seluruh warga sekolah.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan teks deklarasi sekolah ramah anak oleh kepala sekolah SMAN 3 Boyolali, Bapak Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Bapak Drs. Agus Taufiqurrohman serta beberapa tamu undangan di antaranya; perwakilan Kapolres Boyolali, tentara, perwakilan dari Cabang Dinas Kesehatan. Pelaksanaan deklarasi dilanjutkan dengan acara pelepasan balon dan pemukulan gong bersama seluruh warga sekolah dan tamu undangan dengan Kepala Cabang Dinas Wilayah V, Bapak Dr. Sadimin S.Pd.

Setelah pendeklarasian sekolah ramah anak, SMAN 3 Boyolali menampilkan acara pentas seni yang berasal yang menghadirkan Paduan suara, Seni tari, Dewan Ambalan, Java club, Paskibra, Teater, English club, Karate, Siswa Adem Papua, Taekwondo, Seni musik, Pencak silat, IKS, dan Tapak suci.

Kegiatan deklarasi sekolah ramah anak di SMAN 3 Boyolali diakhiri dengan acara “Siswa Berkarya”, yakni seluruh siswa membuat karya yang bertemakan sekolah ramah anak. Acara ini berlangsung lancar hingga akhir dan disambut dengan penuh antusias oleh para guru dan murid. Selain itu, protokoler kesehatan juga terlaksana dengan baik dalam acara tersebut.

Bersama seluruh warga sekolah mewujudkan sekolah ramah anak.

(Juan_X-3, Naura_X-3, Tsani_XI MIPA-6)

Share

Leave comment