Rohis Firman SMA Negeri 3 Boyolali Gelar Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H, Rohis Firman SMA Negeri 3 Boyolali mengadakan kegiatan pengajian pada hari Jum’at, 24 Februari 2023 yang bertempat di tempat parkir sekolah. Kegiatan pengajian tahun ini bertema “Menjadi Generasi Milenial Sejati dengan Tabayyun Ala Nabi.”

Kegiatan pengajian ini tidak hanya diikuti oleh siswa-siswinya saja tetapi juga seluruh guru SMA Negeri 3 Boyolali, dimana dalam serangkaian acara tersebut seluruh jamaah baik guru maupun siswa, semuanya diwajibkan untuk mengenakan pakaian muslim.

Acara dimulai pukul 08.30 diawali dengan Berbagai 3 MC yang masing-masing menggunakan bahasa yang berbeda yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab. Lagu Indonesia Raya dan Mars SMA Negeri 3 Boyolali turut menggema sebagai pembuka acara pagi itu. Setelah itu pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh perwakilan anggota Rohis Firman, dilanjutkan dengan istighosah dan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Agus Taufiqurrahman, Bapak Saiful Rohmat, dan Bapak Hafid Mahasa Akbar.

Sebelum menuju ke acara inti terdapat penampilan hadroh dari ekstrakurikuler rebana yang dinikmati oleh jamaah yang hadir dalam pelaksannan kegiatan ini. Hingga tiba pada acara inti oleh narasumber yang bernama Ibu Ika Yuniati S.Pd, seluruh peserta mendengarkan penjelasan dari narasumber dengan khidmat.

Kegiatan pengajian ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan kuis. Terdapat beberapa siswa maupun siswi yang antusias mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh panitia mengenai peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Siapa yang dapat menjawab pertanyaan dari panitia akan mendapatkan hadiah.

Diadakannya kegiatan pengajian ini bukan tanpa alasan. “Tujuan diadakannya pengajian Isra’ Mi’raj ini adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, mendorong siswa-siswi untuk meneladani akhlaqul Karimah Nabi Muhammad SAW dan merealisasikan Program Religius pada Visi SMA Negeri 3 Boyolali.” Ungkap Melista selaku ketua pelaksana kegiatan pengajian tersebut.

Terdapat pesan dan kesan dari salah satu siswi mengenai kegiatan ini. “Saya mendapat banyak pelajaran melalui pengajian tersebut. Salah satunya dapat mengetahui secara detail bagaimana Nabi Muhammad SAW. melakukan perjalanan dari Masjidil Haram Masjidil Aqsha menuju waktu satu malam dan bagaimana cara menjadi generasi milenial yang memiliki akhlak seperti Nabi Muhammad SAW. Pada saat ini. Saya berharap kedepannya kegiatan seperti ini lebih bervariasi dan lebih merata di tempatnya.” Mengungkap Haifa siswi kelas XII MIPA 5.

Anisa Fitriana dan Isnaini Marfu’ah (XII MIPA 6)

Share

Leave comment