MPLS SMA N 3 Boyolali 2023: New Capture be Happy

Senin, 17 Juli 2023 merupakan hari pertama masa pengenalan sekolah bagi peserta didik baru di SMA N 3 Boyolali. Pada MPLS tahun ini mengusung tema “Bangga dan Bergembira Bersekolah untuk Perwujudan Profil Pelajar Pancasila.” Sesuai dengan tema, diharapkan MPLS kali ini dapat membuat peserta didik baru merasakan kegembiraan masuk sekolah baru dan bangga telah menjadi siswa di SMA N 3 Boyolali serta mewujudkan pelajar yang berprofil pelajar Pancasila. Lengkap dengan slogannya “New Capture be Happy” atau “Tangkapan Baru Berbahagialah”. Maksudnya, memasuki sekolah jenjang berikutnya dengan pemandangan baru, lingkungan yang baru, pandangan yang baru, dan orang-orang yang baru pula. Maka jalani itu semua dengan perasaan bahagia.

Pukul 06.30 WIB Gedung Serba Guna SMA N 3 Boyolali telah dipadati peserta MPLS. Mereka antusias dengan hari pertama masuk sekolah. Dilanjutkan upacara pembukaan MPLS di halaman sekolah pada pukul 07.00 – 08.00 WIB. Upacara ini ditandai dengan penyematan tanda MPLS kepada perwakilan siswa baru oleh kepala sekolah, Bapak Bambang Prihantoro, S.Pd, M.M. Selain itu, disampaikan juga tentang tata tertib, kegiatan awal semester, dan lain sebagainya. Ada pula penyerahan siswi dari Program ADEM Papua.

Acara yang kedua yaitu ice breaking tepatnya pada pukul 08.00-08.15 WIB dilanjut di Gedung Serba Guna SMA N 3 Boyolali. Peserta MPLS menampilkan yel-yel dari masing-masing kelas yang telah mereka siapkan sebelumnya. Penampilan dari kelas X-1, X-2, dan X-3 dibawakan secara meriah, lucu, dan kompak. Membawa atmosfer semangat tersendiri bagi peserta. Panitia juga menyiapkan hadiah bagi kelas yang dapat membawakan yel-yelnya dengan seru, heboh, dan selaras.

Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama yaitu Pendidikan Karakter dan Tata Krama oleh Bapak Wahid Iskandar, M.Pd. dan Ibu Sri Mulyani, S.E. sebagai pendamping. “Disingkat PENDIKARTAMA”, ujar beliau. Diawali dengan perkenalan pemateri lalu diputarkan film singkat berjudul Ranah 3 Warna. Peserta diminta untuk mengambil hikmah yang terdapat dalam film tersebut yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Di dalam film itu terdapat banyak sekali nilai-nilai luhur yang tersirat, seperti toleransi, pantang menyerah dengan keadaan, bersungguh-sungguh dalam mencapai impian, berbuat baik kepada semua orang, dan lain sebagainya. Peserta pun menangkapnya dengan baik. Acara ditutup dengan membahas Profil Pelajar Pancasila.

Kegiatan selanjutnya yaitu penyampaian materi kedua yaitu Belajar Efektif pada pukul 09.30-10.30 WIB. Materi kedua ini disampaikan oleh Ibu Dra. Siti Maesaroh, M.Pd. dan Bapak Santoso, S.Sn. sebagai pendamping. Diawali dengan perkenalan pemateri. Lalu dilanjut tentang penyampaian materi seperti apa belajar efektif dan juga 30 tips bagaimana menjalankannya. Mulai dari sering berlatih, menyeimbangkan waktu, fokus, mengenal cara belajar masing-masing, dan lain-lain. Dilanjut dengan podcast pengalaman siswa berprestasi. Mereka ada Ghani Dyan Alvarengga XII MIPA 2, Claritha Nasywa N.R XII MIPA 6, Annisa Cahyaning Ratri XII MIPA 5, dan Reyhan Ezra Pradipta XI-5. Diharapkan dengan adanya podcast ini dapat memotivasi peserta didik untuk semangat meraih prestasi ke depannya.


Acara diselingi dengan ice breaking penampilan yel-yel dari X-4 dan bernyanyi lagu Jogja Istimewa yang diimprovisasi oleh Bapak Drs. Budi Dikariyanto untuk menghilangkan jenuh dan mengembalikan semangat. Kemudian penyampaian materi ketiga yaitu Pengenalan Kurikulum Merdeka oleh Bapak Drs. Wahyu Purnomojati, M.Pd. selaku Pengawas SMA N 3 Boyolali. Beliau memaparkan mulai dari Profil Pancasila hingga mata pelajaran apa saja yang harus ditempuh di SMA.

Waktu telah menunjukkan pukul 11.45 WIB. peserta didik dipersilahkan untuk istirahat, sholat, dan makan. Lalu pada pukul 12.15 WIB peserta kembali lagi ke Gedung Serba Guna SMA N 3 Boyolali untuk mengikuti rangkaian acara yang terakhir, yaitu apel siang. MPLS hari pertama ditutup oleh Bapak Hendra Agung S.Kom dengan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka dan pembacaan doa.

Share

Leave comment