Euphorbia

Euphorbia (Euphorbia millii)

Klasifikasi

Kingdom             : Plantae

Divisi                  : Magnoliophyta

Kelas                  : Magnoliopsida

Ordo                   : Euphorbiales

Famili                 : Euphorbiaceae

Genus                : Euphorbia

Spesies              : Euphorbia milii 

Morfologi

  • Akar dan Batang

Tanaman euphorbia memiliki akar jenis tunggang. Namun ini biasanya didapatkan pada tanaman yang dikembangbiakkan secara normal. Sedangkan akar tanaman euphorbia yang ditanam dengan sistem stek biasanya yang muncul adalah akar jenis serabut. Sebagian besar akar tanaman euphorbia tumbuh di daerah pangkal batang. Dengan warna dominan untuk akar muda adalah putih kecoklatan. Sedangkan jika tanaman sudah menua akarnya menjadi berwarna coklat.

Tanaman euphorbia adalah tanaman hias yang memiliki batang terbagi menjadi dua variasi. Yang mana batang yang satu berbentuk bulat sedangkan yang satunya agak bersudut. Sekalipun ada spesies tanaman euphorbia yang memiliki batang melengkung tetapi sebagian besar bertekstur tegak menjulang ke atas. Namun apapun jenis bentuk batangnya semuanya memiliki ciri-ciri tidak berkayu. Ciri khas Euphorbia adalah batangnya yang diselimuti duri.

  • Daun

Tanaman hias euphorbia memiliki daun dengan berbagai macam variasi bentuk. Seperti oval atau bulat telur dan lonjong. Bahkan ada sebagian spesies yang bentuk daunnya menjorong. Macam-macam bentuk daun tanaman euphorbia memiliki perbedaan di sisi ketebalan. Sedangkan persamaannya adalah semua daun tidak bertangkai duduk atau tidak menempel pada batang. Tekstur daun selanjutnya ialah tepiannya tidak bergerigi dengan ujung daun yang lebih bervariasi. Diantaranya adalah ujung daun runcing, tumpul serta ada beberapa spesies yang ujung daunnya terbelah. Untuk susunan daunnya berselang-seling. Bahkan mudah ditemukan daun tanaman euphorbia dengan bentuk saling berhadapan sekalipun tidak duduk pada batang tetapi pada ruas batang.

  • Bunga

Bunga euphorbia adalah bunga sejati yang memiliki tekstur sempurna. Di dalam bunga itu sudah terdapat dua organ seksual baik jantan maupun betina. Ciri-ciri bunga tanaman euphorbia selanjutnya adalah memiliki dompolan-dompolan yang cukup banyak. Bahkan di setiap dompolan masih ada beberapa kuntum. Jumlahnya antara 4-32 kuntum. Sedangkan struktur pembentuk bunga ada empat. Yaitu benang sari, mahkota semu, putik serta bakal buah. Nah mahkota semu inilah yang sangat indah karena memiliki ciri-ciri penuh warna.

Manfaat

Disamping sebagai tanaman hias, spesies tanaman euphorbia ternyata memiliki khasiat herba sebagai anti oksidan alami. Tanaman ini biasa digunakan oleh orang Cina dan Brasil sebagai obat tradisional. Euphorbia memiliki manfaat sebagai antimikroba dan imunomodulasi. Telah banyak penelitian
menunjukkan bahwa zat fitofarmaka aktif dari Euphorbia memiliki fungsi dalam sistem kekebalan tubuh dengan membuat agregasi neutrofil, meningkatkan sitokin pro-inflamasi, dan meningkatkan proliferasi berbagai sel. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Euphorbia memiliki efek menguntungkan dalam mengaktifkan sistem kekebalan paru-paru terhadap infeksi.

Sumber:

http://plantamor.com/ diakses pada 11 Mei 2021

https://agrotek.id/ diakses pada 11 Mei 2021

https://rimbakita.com/ diakses pada 11 Mei 2021

https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/2324 diakses pada 11 Mei 2021