Kamboja

Kamboja (Plumeriaa cuminata)

Klasifikasi

Kingdom             : Plantae

Divisi                  : Magnoliophyta

Kelas                  : Magnoliopsida

Ordo                   : Gentianales

Famili                 : Apocynaceae

Genus                : Plumeria

Spesies              : Plumeria acuminata

Morfologi

  • Akar dan Batang

Tanaman kamboja memiliki akar tunggang dengan percabangan di dalam tanah dengan warnanya kecokelatan. Akarnya tumbuh secara merambat di dalam tanah dengan panjang mencapai kedalaman 1,5 hingga 2 meter.

Tanaman kamboja ini merupakan jenis tanaman perdu atau tanaman berpohon. Batang dari tanaman kamboja ini memiliki bentuk bulat memanjang, besar, berkayu, serta kuat dan keras. Batangnya memiliki pertumbuhan yang cepat dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Memiliki banyak cabang serta tumbuh dengan membengkok.

  • Daun

Daun tanaman kamboja berjenis daun tunggal, sehingga tidak mempunyai percabangan tulang. Warnanya hijau dan berbentuk lonjong. Daun kamboja tumbuh hingga ukuran 30 sampai 50 cm. Pada umumnya daun pohon kamboja tumbuh mengumpul di batang pohon. Biasanya daun kamboja akan layu dan rontok saat memasuki musim penghujan.

  • Bunga

Bunga kamboja bentuknya menyerupai terompet. Tumbuh secara berkumpul di ujung ranting. Di bagian dalamnya terdapat bulu, akan tetapi pada beberapa spesies tidak memilikinya.

Tangkai putiknya pendek, tumpul, dan bentuknya melebar. Warna bunga kamboja sangat beragam, namun yang paling sering dijumpai di Indonesia adalah warna putih dengan bagian tengah berwarna kuning, serta ada pula bunga berwarna kuning dan merah muda.

Manfaat

  • Kamboja termasuk tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah maupun di dalam pot. Sebagain besar masyarakat di Indonesia menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias, di Bali bagi agama tertentu menggunakan bunga kamboja untuk menggelar berbagai upacara keagamaan.
  • Tetapi mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa bunga kamboja termasuk bunga yang bisa dimakan layaknya bunga pepaya dan bunga turi. Bukan hanya itu, ternyata dengan memakan bunga tersebut memberikan efek positif bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat bunga kamboja bagi kesehatan.
  • Menurut penelitian dalam jurnal Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, ekstrak air bubuk kamboja memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Manfaat bunga kamboja lainnya adalah memiliki sifat antioksidan dan antiradang.
  • Dalam penelitian Jurnal Natural Unsyiah, kombinasi ekstrak etanol yang terkandung dari bunga kamboja dengan zat tertentu menunjukkan efek sinergis pada aktivitas antibakteri.
  • Menurut Journal of Medicinal Plants Research, manfaat bunga kamboja yang telah diekstrak menjadi minyak esesnsial adalah berguna untuk menenangkan kulit.
  • Getah kamboja mengandung zat triterpenoid, flavonoid, alkaloid, dan tanin yang sangat bermanfaat sebagai antibiotik bila digunakan dengan dosis yang tepat. Selain itu tanaman kamboja disebut-sebut sangat ampuh untuk mengatasi gigi berlubang. Menurut buku Ensiklopedia Millenium: Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia yang terbit pada 2009, manfaat bunga kamboja untuk kesehatan lainnya adalah dapat mengatasi disentri. Caranya dengan merebus 12-24 gram bunga kamboja kering dengan 400 cc air. Rebus bunga kamboja hingga menyisakan air 200cc. Dinginkan, lalu konsumsi.

Sumber:

http://plantamor.com/ diakses pada 11 Mei 2021

https://agrotek.id/ diakses pada 11 Mei 2021

https://rimbakita.com/ diakses pada 11 Mei 2021

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-bunga-kamboja-untuk-kecantikan-dan-kesehatan/ diakses pada 12 Mei 2021