Simulasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer SMAGA 2021

Selasa, 31 Agustus 2021 SMAN 3 Boyolali melaksanakan kegiatan Simulasi Assesmen Nasional (AN) Berbasis Komputer sesuai jadwal yang telah ditentukan. AN terdiri atas tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Simulasi ini diikuti oleh 10 orang perwakilan Bapak Ibu guru Smaga dan dilaksanakan semi Online di ruang komputer. Simulasi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, peserta memakai masker dan menjaga jarak sebagai ikhtiar sekolah memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Simulasi dilaksanakan dengan waktu pengerjaan 1 jam 30 menit. Sebelum menjalani simulasi AN, seluruh fasilitas telah dipersiapkan terlebih dahulu oleh sekolah, seperti komputer dan jaringan. Proktor dan teknisi ikut hadir memantau proses simulasi. Simulasi dipandu oleh Proktor, Bapak Slamet Widodo. Bila ditemukan kendala bagaimana cara melakukan login, mengisi soal, dan kendala lainnya, peserta dibantu oleh langsung oleh proktor dan teknisinya. Peserta juga mendapatkan kartu peserta yang diambil dari website kementerian untuk mengikuti simulasi.

Simulasi bertujuan untuk memperkenalkan bentuk soal ANBK yang berupa soal AKM, survei karakter, dan survei lingkungan belajar kepada Bapak Ibu Guru. Selain itu tujuan utama pelaksanaan simulasi ini adalah untuk pengecekan perangkat komputer serta jaringan yang ada di sekolah agar saat pelaksanaan ANBK nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Soal-soal AKM terdiri atas dua materi dasar, yaitu literasi dan numerasi. Melalui AKM, pemerintah ingin melihat mutu pendidikan berdasarkan proses pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas. ANBK ditujukan bagi peserta didik di kelas XI. Pemilihan peserta didik untuk ikut ANBK pun sudah ditentukan oleh Kemendikbud. Hal ini bertujuan agar peserta didik yang menjadi peserta ANBK masih dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di satuan pendidikan.

Share

Leave comment