ENAM SISWA SMAN 3 BOYOLALI LOLOS OSN KABUPATEN TAHUN 2022

Oleh: Ekstrakurikuler Jurnalistik

OSN adalah ajang kompetisi tahunan dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, SMA dan sederajat di seluruh Indonesia. Kompetisi ini diadakan setiap tahun dan setiap sekolah mengirimkan siswa terbaiknya untuk mengikuti kompetisi ini. Untuk OSN tingkat SMA meliputi sembilan bidang lomba yaitu Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Informatika/Komputer, Astronomi, Kebumian, Ekonomi dan Geografi. Pelaksanaan OSN-K dilaksanakan serentak secara online di sekolah masing-masing pada tanggal 23 – 25 Mei 2022.

Pengumuman hasil seleksi OSN KABUPATEN di SMA Negeri 3 Boyolali disampaikan saat apel pagi hari Rabu, 15 Juni 2022oleh Bapak Drs. Agus Taufiqurrahman selaku pembina apel. Beliau menyampaikan bahwa keenam siswa-siswi SMA Negeri 3 Boyolali telah lolos OSN Kabupaten. Keenam siswa tersebut selanjutnya maju ke tingkat OS Provinsi. Sebuah prestasi baik yang telah dicapai oleh keenam siswa-siswi tersebut. Melalui pembinaan dan uji coba yang dilakukan berkali-kali serta kerja keras dan semangat tinggilah yang membuat para siswa-siswi ini mendapat sebuah keberhasilan dari hasil tersebut.

Berikut merupakan daftar dari siswa-siswi SMA Negeri 3 Boyolali sebagai  pemenang OSN tahun 2022

Retno Hidayah / XI IPS 1
Bidang Ekonomi

Razky Ageng S./ XI MIPA 1
Bidang Astronomi

Dian Nur Cahyani / XI MIPA 2
Bidang Biologi

" Work hard in silence. Success be your noise."
“Raih juara wujudkan keinginan”
“You're the lead in your life story, small steps are also progress just believe on yourself because you are a masterpiece”

Muh. Yahya R. / X MIPA 6
Bidang Astronomi

Annisa Cahyaning R.
X MIPA 5
Bidang Geografi

Givana Keisha I.
X MIPA 5
Bidang Geografi

"Usaha tidak pernah mengkhianati hasil"
“What’s yours will find you”
“I feel like people are expecting me to fail, therefore, I expect myself to win.”

Untuk mencapai kemenangan yang telah diraih, perjuangan yang dilakukan siswa-siswi tersebut tidaklah mudah. Mereka harus bisa membagi waktu belajar dengan menyiapkan strategi belajar yang tepat dan melakukan persiapan yang matang dengan pembinaan dan berbagai uji coba.

Setiap siswa memiliki strategi belajar yang berbeda, diantaranya dengan cara memperbanyak membaca buku pendamping, melihat video pembahasan materi, latihan soal dari berbagai sumber internet, video youtube dan dari buku-buku referensi lainnya. Latihan soal akan lebih memudahkan siswa memahami materi. Mereka memperbanyak membaca dan mempelajari soal-soal tahun lalu supaya bisa memahami tipe-tipe soal yang akan dihadapi.

Selain strategi belajar, keenam siswa tersebut juga mengikuti pembinaan dan uji coba dari sekolah dan mandiri melalui berbagai lembaga. Dari sekolah, terdapat guru yang membimbing dan membina khusus untuk OSN ini. Sekolah juga mengundang lembaga khusus untuk melakukan pembinaan intensif kepada para siswa. Pembinaan dilakukan secara luring dan daring. Untuk uji coba, sekolah sudah memfasilitasi dengan baik melalui uji coba yang dilakukan oleh berbagai lembaga dan dari pusat olimpiade nasional. Ada juga beberapa siswa yang mengikuti uji coba mandiri dari lembaga-lembaga tertentu untuk mengukur kemampuan mereka.Tidak hanya itu saja, mereka pun juga mengikuti berbagai try out yang ada di media sosial serta berdiskusi dan bertukar pikiran dengan tim serta guru mengenai materi OSN.

Selain itu, motivasi siswa juga penting untuk mencapai kemenangan. Hampir seluruh siswa termotivasi oleh orang tuanya. Mereka ingin orang tua mereka bangga jika mereka memenangkan OSN ini. Tidak hanya orang tua, guru dan para siswa juga memotivasi mereka untuk tetap berjuang. Para siswa yang mengikuti OSN juga memiliki mimpi untuk bisa masuk ke perguruan tinggi dan mendapatkan beasiswa. Mereka berharap, melalui OSN ini mereka bisa mencapai impian impian mereka.

Keberhasilan dari keenam siswa tersebut merupakan salah satu contoh wujud dari prestasi yang diperoleh SMA Negeri 3 Boyolali. Tidak diragukan lagi jika SMA Negeri 3 Boyolali adalah sekolah yang unggul dalam bidang prestasi. Maka dari itu, mari kita berlomba-lomba untuk menorehkan jejak-jejak yang baik dan positif selama kita masih berada di SMAN 3 Boyolali.

SMAGA BERDIKARI

Share

Leave comment