PEMILOS SMA NEGERI 3 BOYOLALI

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 3 Boyolali akhirnya dilakukan secara offline setelah 2 tahun sebelumnya hanya dapat dilakukan melalui media online. Senin, 29 Agustus 2022 kegiatan pemilihan dilaksanakan di lapangan SMA Negeri 3 Boyolali setelah selesai upacara bendera.

Terdapat tiga pasangan kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 3 Boyolali periode 2022-2023 yang disahkan dari hasil tes wawancara oleh pembina dan pengurus MPK/OSIS SMA Negeri 3 Boyolali. Ketiga pasangan calon tesebut yaitu :

  1. Nauval Bagus Kurniawan dan Nazmi Nisrina Nursiwan
  2. Fransisca Imanuela Putri Cristiani dan Rega Aryadani Novedil
  3. Faisal Dharma Pandya dan Adikga Desmond Wijaya

Ketiga pasangan calon yang berhasil lolos dalam tahap tes wawancara kemudian melakukan debat antar pasangan calon yang dilaksakanakan Jumat, 26 Agustus 2022 di ruang kesenian SMA Negeri 3 Boyolali. Debat tersebut disaksikan oleh seluruh warga sekolah melalui siaran langsung di akun YouTube resmi SMA N 3 Boyolali. Debat ini dilaksanakan dengan tujuan agar warga sekolah dapat mengetahui kualitas pasangan calon yang akan mereka pilih untuk menjadi pemimpin Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA N 3 Boyolali.

Senin, 29 Agustus 2022 kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA N 3 Boyolali yang bertemakan “Pemimpin yang Berkepribadian Positif (Proaktif, Kritis dan Inovatif), berlandaskan Asas Kekeluargaan serta Keimanan”. Acara diawali dengan orasi dari masing-masing pasangan calon dengan disaksikan secara langsung oleh warga sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan pemungutan suara oleh para guru, staf dan karyawan. Setelah itu pemungutan suara oleh para siswa SMA N 3 Boyolali.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 3 Boyolali menghadirkan perwakilan dari Badan Pengawas Pemilu Kecamatan Boyolali untuk mengawasi jalannya acara dan memberikan evaluasi maupun kritik dan saran kepada panitia penyelenggara Pemilos. Kegiatan Pemilos SMA Negeri 3 Boyolali dilakukan secara LUBERJURDIL (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil). Tempat pemungutan suara diawasi oleh 7 KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang merupakan pengurus MPK/OSIS SMA Negeri 3 Boyolali, sehingga dapat dipastikan tidak ada kecurangan dalam melakukan pemilihan.

Tepat pukul 14.00 WIB, TPS Pemilos SMA Negeri 3 Boyolali ditutup, acara dilanjutkan dengan penghitungan suara yang dilaksanakan di aula SMA Negeri 3 Boyolali yang disaksikan secara langsung oleh anggota MPK SMA Negeri 3 Boyolali. Dari penghitungan tersebut, suara terbanyak diperoleh pasangan calon nomer urut tiga yaitu Faisal Dharma Pandya dan Adikga Desmond Wijaya dengan jumlah 646 suara.

Serangkaian acara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 3 Boyolali periode 2022-2023 ini diharapkan menjadi wadah pembelajaran bagi siswa dalam proses pemilihan dan pembelajaran lainnya mengenai pentingnya berdemokrasi.

(Fransisca_X-1, Azizah_X-6, Maya_XI MIPA-1)

Share

Leave comment