Gelar Karya P5 Tahun Ajaran 2022/2023

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau disingkat P5 merupakan inovasi baru yang diberlakukan dalam kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka diberlakukan pertama kali pada 2021. Pelaksaan P5 dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu. Tujuan pelaksaan P5 yaitu untuk mewujudkan pelajar yang mampu mengamalkan dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Dengan diadakannya P5 siswa-siswi diharapkan mampu menghadapi solusi terhadap permasalahan yang ada.

Kegiatan P5 di SMAN 3 Boyolali diadakan dengan 3 tema. Tema pertama yang dilaksanakan yaitu Bhineka Tunggal Ika, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 minggu pada bulan September 2022. Kegiatan yang dilakukan pada tema ini diantaranya yaitu permainan tradisional. Kegiatan permainan tradisional ini  bertujuan agar peserta didik dapat melestarikan budaya lokal Indonesia. Selanjutnya yaitu diadakannya kegiatan penampilan pentas seni dari setiap kelas  yang bertujuan melatih kekreatifan peserta didik. Kemudian setelah penampilan pentas seni dilanjutkan dengan kegiatan bazar makanan, kegiatan bazar ini dilakukan guna melatih jiwa kewirausahaan bagi siswa. Selanjutnya kegiatan terakhir pada tema ini adalah mengunjungi desa-desa terdekat disekolah. Setiap kelas sudah dibagi tempat desa-desa yang akan dikunjunginnya masing-masing. Pada kegiatan kunjungan ini setiap kelompok dimasing-masing kelas melaksanakan wawancara pada tokoh masyarakat yang dikunjunginya. Kegiatan wawancara bertujuan  untuk melatih kemampuan komunikasi siswa.

Tema berikutnya yaitu suara demokrasi, pada tema ini kegiatan yang dilakukan oleh para peserta didik adalah melakukan simulasi pemilos yang dilaksanakan pada bulan November 2022. Kegiatannya yaitu meliputi pembuatan drama dengan tema mengenai pemilos. Setiap kelas sudah dibagi kelompok dan pada masing-masing kelompok membuat drama tersebut dari rangkaian awal yaitu membuat naskah , pembagian peran seperti sutradara dan peran tokoh setiap siswa, pembuatan properti seperti bilik suara dan kotak suara, melaksanakan latihan gladi kotor & resik dan yang terakhir adalah penampilan drama yang dilaksanakan pada  di Gedung Serba Guna SMAN 3 Boyolali.

Kegiatan P5 selanjutnya yaitu dengan tema bangkitlah jiwa dan raganya yang berlangsung pada bulan Maret dengan kegiatan penampilan drama dengan tema bebas. Setiap kelas bebas memilih tema drama yang akan ditampilkan. Diadakannya kegiatan ini, kita berlatih untuk berpikir kritis. Sebelum penampilan drama, diberikan waktu latihan untuk memantapkan apa yang akan ditampilkan. Banyak yang disiapkan dalam drama ini antara lain pembagian peran, pembuatan naskah, kostum, dan properti. Kemudian drama yang telah dipersiapkan, ditampilkan di Gedung Serba Guna.

Kegiatan terakhir P5 di kelas 10 yaitu diadakannya gelar karya, sebagai akhir dari p5 tahun ini. Kegiatan ini dilakukan pada bulan Juni 2023. Pada tema sebelumnya P5 dilakukan dengan masing-masing kelompok dalam kelas, tetapi pada gelar karya ini dilakukan oleh satu kelas tanpa. Gelar karya ini dimeriahkan dengan adanya beberapa kegiatan yang sudah disiapkan dari jauh-jauh hari. Yang pertama adanya bazar makanan, dimana setiap kelas menjualkan apa yang sudah mereka buat kepada seluruh warga SMAN 3 Boyolali. Disamping itu juga diadakan penampilannya dari seluruh kelas yang akan ditonton oleh seluruh warga sekolah. Penampilannya nya meliputi drama, paduan suara, musikalisasi drama, hingga tarian tradisional. Secara tidak langsung kegiatan itu menumbuhkan nilai-nilai yang ada pada Pancasila. Sebagai akhir dari kegiatan ini, band smaga juga turut memberi hiburan bagi seluruh warga sekolah.

Naura Nisrina & Juan Aska (XI-8)

Leave comment