Melatih Jiwa Kepemimpinan Melalui LDKS 2023

Jumat, 6 Oktober 2022 SMA Negeri 3 Boyolali mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di dusun Banyuanyar, kecamatan Ampel, kabupaten Boyolali. Kegiatan ini diprakarsai oleh pengurus MPK/OSIS periode 2022/2023 yang bekerja sama dengan pembina organisasi dan tim IDERU (Indonesian Disaster Emergency Response Unit) dari Yogyakarta.

Diikuti oleh seluruh calon pengurus MPK/OSIS periode 2023/2024 dan beberapa perwakilan calon pengurus organisasi SMA Negeri 3 Boyolali lainnya sejumlah 100 peserta, acara ini telah sukses dilaksanakan melalui serangkain kegiatan selama dua hari satu malam.

Dimulai sejak pagi dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh kepala sekolah SMA Negeri 3 Boyolali, Bapak Najamuddin, S.Pd. acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh beberapa pembina mengenai kepemimpinan, organisasi, pembuatan proposal, dan tata cara sidang di Gedung Serba Guna SMA Negeri 3 Boyolali.

Keberangkatan peserta LDKS menuju tempat tujuan dilaksanakan setelah shalat dzuhur dan makan siang bersama. Sampainya di lokasi pelatihan, dilaksanakan upacara penyerahan peserta kepada tim I-DERU. Selama 2 hari ke depan, peserta LDKS akan menjalankan serangkaian kegiatan yang dibina langsung oleh trainer dari tim tersebut.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan para peserta LDKS adalah jelajah alam. Secara berkelompok, mereka diminta untuk berpetualang dan melakukan misi di setiap pos. Kawasan jelajah alam ini cukup menantang bagi para peserta dikarenakan medan yang dilaluinya.

Harapannya, melalui kegiatan ini para peserta yang terlibat dapat memiliki keterampilan dan pemahaman tentang organisasi dan mendapatkan pengalaman serta pembelajaran tentang cara menjadi seorang pemimpin sejati.

Azizah Naila (XI-8)

Leave comment