SMA Negeri 3 Boyolali Dalam Ajang Pemilihan Duta Genre Kabupaten Boyolali 2023

Kegiatan Pemilihan Duta Genre Kabupaten Boyolali 2023 telah resmi dilaksanakan pada tanggal 5 November 2023 di gedung DP2KBP3A Kabupaten Boyolali. Kegiatan ini digalakkan pemerintah Kabupaten Boyolali untuk menindaklanjuti program BKKBN mengenai Generasi Berencana.

Terdapat 10 finalis yang terdiri dari 5 pasang finalis yang maju pada malam penganugerahan. Sebelumnya, 10 finalis tersebut telah diseleksi melalui seleksi tertulis dan wawancara oleh panitia penyelenggara serta melewati proses karantina selama 2 hari.

Selain itu, sebelum malam penganugerahan resmi diselenggarakan, para finalis mendapatkan pengalaman beberapa martikulasi salah satunya tentang TRIAD KRR yang meliputi Kesehatan Reproduksi, NAPZA , dan Pernikahan Dini. Mereka juga terjun langsung ke masyarakat seperti memberikan penyuluhan/sosialisasi serta mengedukasi peserta didik setempat mengenai TRIAD KRR.

SMA Negeri 3 Boyolali berhasil mengantarkan dua orang peserta didiknya lolos pada kegiatan tersebut. Mereka adalah Fahri Isra Rachmansyah peserta didik kelas X-9 dan Yunikhe Ivana Gabrilla peserta didik kelas XII MIPA 1. Setelah melewati rangkaian kegiatan yang panjang, kedua peserta didik tersebut akhirnya sampai di panggung penganugerahan. Fahri Isra Rachmansyah pada malam penganugerahan tersebut berhasil menyabet penghargaan sebagai Duta Influencer Putra dan Yunikhe Ivana Gabrilla sebagai juara utama Duta Genre Putri Kabupaten Boyolali.

Dalam wawancara bersama tim jurnalistik SMA Negeri 3 Boyolali pada Jumat (17/11) dengan salah satu peserta didik tersebut yakni Fahri Isra Rachmansyah. Dirinya mengaku bersyukur karena telah diberikan amanah untuk mengikuti ajang ini sehingga dapat bertemu teman-teman baru yang memiliki tujuan yang sama dengan Ia.

“Perasaan saya (mengikuti ajang ini) sangat bersyukur karena diberi amanah dengan mendapatkan kejuaraan kategori Duta Genre Boyolali Influencer Putra 2023 dan selama menjadi finalis Duta Genre Boyolali saya bertemu dengan teman-teman yang mempunyai latar belakang yang bermacam-macam dengan memiliki tujuan yang sama yaitu menjadi Seseorang Duta Generasi Berencana.” ujar Fahri.

Fahri juga turut menitipkan ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam mendukungnya di ajang pemilihan ini, “Yang pertama saya berterimakasih kepada Allah SWT. Pihak Duta Genre Boyolali, pihak sekolah, dan orang tua saya yang selalu mendukung saya dalam proses selama menjadi finalis Duta Genre Boyolali 2023.”

Azizah Naila (XI-8)

Share

Leave comment