Teater Tsuntsinelas – Nasi Bubur Mbok Kasilah raih Best Artistic di ajang Monolog Artefac UNS

[sman3boyolali.sch.id, Senin, 28/03/2022] Monolog Artefac Tahun 2022 yang diadakan oleh FEB UNS adalah Festival bergengsi yang selalu ditunggu partisipasinya oleh seluruh anggota kelompok Teater pelajar maupun dikalangan masyarakat umum. Pada tahun 2022 penilain dan pementasan dilakukan masih dengan sistem daring dengan mengirimkan karya melalui link yang telah diberikan oleh panitia. Acara tersebut diselenggarakan pada bulan Maret 2022 , pengiriman karya Video (visual dan suara) pada tanggal 8 Februari – 8 Maret 2022 dan Penilain karya pada tanggal 8 Maret – 22 Maret 2022.

Teater Tsuntsinelas , beberapa tahun terakhir ini rutin mengikuti festival tersebut, selain sebagai ajang perkenalan anggota terhadap dunia pertunjukan berskala nasional , juga sebagai wadah eksistensi kelompok teater pelajar untuk berperan aktif dalam berkesenian khususnya Teater berbentuk Monolog (Monodrama/dialog tunggal).

 Berbagai tahap dilalui dari akhir tahun 2021, dan pada bulan November 2021 , Teater Tsuntsinelas yang diampu oleh Ibu Dra.Sutiyarsih , mendapat kesempatan berkarya setelah lolos seleksi administrasi sebagai 25 peserta terpilih pada ajang Monolog Artefac Tahun 2022. Persiapan Teater Tsuntsinelas dilanjutkan dengan penyiapan naskah, penyiapan aktor dan kru pementasan bersama sutradara, Mbak Ima (Iqlima) yang beberapa kali telah bergabung berkarya bersama dengan kelompok ini.

Bulan Januari 2022 , Teater Tsuntsinelas memilih Naskah Nasi Bubur Mbok Karsilah karya Whani Darmawan dari buku kumpulan Monolog Suwarna-suwarni, yang disunting dengan keperluan naskah sesuai dengan kebutuhan. Terpilihlah Aktor Erika Dewi Suryaningsih anggota teater tsuntsinelas kelas XI MIPA 5 yang berperan menjadi Mbok Karsilah. Proses garapan keaktorkan hingga setting properti dilakukan dengan detail kurang lebih 4 bulan dengan proses latihan berupa  keaktoran ,  penyusunan tata musik , tata cahaya , dan artistik lainnya seperti rias dan busana, setting properti disusun berdasarkan time schedule pemetasan dari bulan November 2021- Maret 2022.

Proses pengambilan gambar dilakukan dengan one take video , tanpa pengulangan dan tanpa editing , menggunakan kamera profesional yang disetting secara statis(tidak berpindah), dengan tata cahaya sesuai standart pementasan panggung. Lattar setting ruang kelas diubah menjadi visual panggung berbentuk dapur tradisional. Detail dapur ditampakkan dengan mengambil sudut gambar dari sisi kanan panggung.

Monolog Nasi Bubur Mbok Kasilah telah dinilai oleh 3 Dewan Juri Nasional  Bapak Hanidawan (Solo) , Bapak Nano Riantiarno (Jakarta) dan Ine Febriyanti (Jakarta) pada tanggal 23 Maret 2022 dan berhasil meraih penghargaan sebagai  “Best Artistic ” atau penata artistik terbaik pada ajang Monolog Artefac 2022. Penghargaan yang diraih tentunya dipersembahkan untuk SMAN 3 Boyolali seluruh anggota teater Tsuntsinelas baik anggota aktif maupun para alumni teater Tsuntsinelas dan seluruh pihak yang mendukung pementasan. Salam budaya !!!

Share

Comment on "Teater Tsuntsinelas – Nasi Bubur Mbok Kasilah raih Best Artistic di ajang Monolog Artefac UNS"

  1. Kevin

    Mantab.. lanjutkan proses. Semangat event kedepannya.

Leave comment