SISWA SMAN 3 BOYOLALI TERPILIH MENJADI PASKAB. BOYOLALI DAN PASKIBRA DAERAH

[sman3boyolali.sch.id, Senin, 28/03/2022] Hai perkenalkan kami dari Adhiyoda Paksindra yang merupakan salah satu ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Boyolali. Kami adalah angkatan ke-25 dan 26. Adhiyoda Paksindra termasuk salah satu organisasi besar yang ada di sekolah kami, jadi tidak heran jika banyak event paskibra yang kami ikuti. Baru-baru ini kami ikut berpartisipasi dalam acara tahunan paskibra yaitu Seleksi Paskibra Daerah dan Paskibra Kabupaten. Kami melakukan berbagai persiapan matang kurang lebih selama 10 hari berturut-turut melakukan latihan di sekolahan. Berikut beberapa dokumentasi yang kami ambil saat melakukan latihan persiapan seleksi PASDA dan PASKAB

Sebelum mengikuti seleksi 10 siswa tersebut mendapat bimbingan dari pelatih Paskibra selama 10 hari di sekolah, pelatihan tersebut meliputi pelatihan postur tubuh, baris-berbaris, fisik (lari 12 menit, Shit up, Push up, dan Back up), menari dan komunikasi dengan bahasa inggris. Dalam pelatihan tersebut mereka juga mendapat vitamin untuk menjaga stamina mereka.Sebelum ke tahap seleksi PASKAB dan PASDA, Adhiyoda Paksindra melakukan seleksi tingkat sekolah dimana diikuti 40 anggota organisasi mulai dari kelas 10 hingga kelas 11 untuk diambil 10 besar dan diseleksi secara langsung oleh pelatih paskibra di sekolah kami. Dan 10 siswa yang terpilih tersebut adalah 3 siswa kelas 11 yaitu Tegar Raffy Frediansyah (XI IPS 1), Muhamad Alfaridzy Zaelani (XI MIPA 5), Dianalutfiyah Agustina (XI MIPA 4), dan juga 7 siswa kelas 10 yaitu Ramdiva Sultan Maulana (X MIPA 5), Ghani Dyan Alvarengga (X MIPA 2), Dino Hermawan (X MIPA 4), Safira Putri Hndayani (X MIPA 5), Claritha Nasywa Nur Rafidah (X MIPA 6), Dimas Handyka Prasetya (X MIPA 5), dan Indah Widyastuti (X MIPA 3). Sepuluh siswa tersebut mewakili SMA Negeri 3 Boyolali untuk mengikuti seleksi PASDA dan PASKAB tingkat kabupaten yang diselenggarakan pada tanggal 22 Maret 2022 kemarin di lapangan Pandanarang Boyolali.

Pelatihan tersebut berakhir pada tanggal 21 Maret 2022 yang mana tanggal tersebut menjadi hari terakhir 10 siswa mendapat berbagai pengetahuan dan masukan-masukan dari pelatih maupun pembina untuk mempersiapkan seleksi. Kami mengadakan pelatihan dari pukul 07.00 s.d 12.00 WIB dan melakukan pelepasan dari pembina pada pukul 12.30.

Hari berganti, tepat hari Selasa, 22 Maret 2022 Pukul 05.00 WIB tiba 10 siswa yang lolos untuk mengikuti seleksi tadi bergegas untuk berkumpul ke Lapangan Pandanarang karena seleksi dimulai pukul 06.00 WIB, tepat pukul 05.45 WIB 10 siswa sudah berkumpul di sekolah untuk diberi roti gimbal dan STMJ satu persatu guna menjaga stamina mereka. Tepat pukul 06.00  kami semua tiba di lapangan Pandanarang dan disana kami diarahkan untuk berjejer memasuki pintu masuk lapangan. Setelah memasuki pintu utama stadion pandanarang, kita diarahkan untuk cek suhu dan memakai handsanitizer. Tahap selanjutnya, yaitu pada pengecekan tinggi badan dan berat badan. Tinggi badan minimal dan maksimal sebagai persyaratan lolos di tahap ini adalah putra : minimal 165 cm – maksimal 180 cm sedangkan putri : minimal 160 cm – maksimal 175 cm. Peserta dari SMA Negeri 3 Boyolali lolos dalam seleksi ini. Di tahap ini, ada beberapa teman dari sekolah lain yang tidak lolos seleksi baik karena tinggi badan kurang maupun melebihi batas maksimal yang ditentukan dalam persyaratan.

Setelah melalui tahap pengecekan tinggi badan dan berat badan, selanjutnya mengisi absensi nama yang telah disediakan panitia kemudian mengambil nomor dada secara acak. Selanjutnya masuk ke tahap cek kesehatan, dimana pada cek kesehatan ini peserta di cek tensi oleh petugas. Setelah itu panitia melakukan pembagian kloter berdasarkan tinggi badan. Dilakukan pembagian kloter berfungsi untuk memudahkan penilaian. Setelah masing-masing peserta mendapat kloter sesuai tinggi badan, tahap selanjutnya adalah melakukan pemanasan untuk memulai seleksi.

Tahap seleksi diawali dengan seleksi fisik yaitu melakukan lari dengan persyaratan laki-laki harus menempuh 3 putaran dalam waktu 6 menit. Sedangkan perempuan diberi waktu selama 7 menit untuk menempuh 3 putaran. Diawali dengan kloter perempuan lalu disusul dengan kloter laki-laki. Dalam tahap ini 10 peserta dari SMA N 3 Boyolali mendapat penilaian baik. Peserta yang berhasil menjangkau 3 putaran lari sesuai waktu yang ditentukan, maka akan diarahkan panitia untuk memasuki tengah lapangan. Setelah selesai tahap ini, selanjutnya dilakukan pendinginan dan masih tetap berbaris sesuai dengan kloter awal.

Tahap seleksi selanjutnya adalah baris-berbaris. Disini semua peserta dinilai PBB nya mulai dari jalan ditempat hingga langkah tegap. Peserta dari SMA N 3 Boyolali lagi lagi mendapatkan penilaian yang baik. Setelah tahap penilaian baris-berbaris, semua peserta diarahkan untuk naik ke atas tribun untuk mendengarkan pengumuman kelolosan.

Yang pertama diumumkan adalah peserta yang masuk ke dalam 6 besar Paskibra Daerah mewakili Boyolali. Dari ke 6 siswa tersebut terdapat 1 nama peserta yang berasal dari SMA N 3 Boyolali, yaitu Claritha Nasywa Nur Rafidah dari X MIPA 6. Selanjutnya masing-masing peserta melakukan pertunjukan bakat kesenian yang dikuasai. Setelah itu diumumkan 2 besar yang lolos resmi sebagai calon Paskibra Daerah mewakili Boyolali dan alhamdulilah, Claritha Nasywa Nur Rafidah kembali lolos di tahap ini dan menjadi satu satunya siswa SMA N 3 Boyolali yag masuk ke dalam Paskibra Daerah. 

Setelah pengumuman Paskibra Daerah, selanjutnya diumumkan peserta yang lolos untuk seleksi menjadi Paskibra Kabupaten. Dari 10 siswa yang dikirimkan SMA N 3 Boyolali untuk mengikuti seleksi, terdapat 8 siswa ynag lolos menjadi Paskibra Daerah dan Paskibra Kabupaten, yaitu, PASDA : Claritha Nasywa dan PASKAB : Tegar (XI IPS 1), Alfa (XI MIPA 5), Diana (XI MIPA 4), Sultan (X MIPA 5), Dino (X MIPA 4), Safira  (X MIPA 5), Claritha (X MIPA 6), Dimas (X MIPA 5). 2 siswa yang belum mendapat kesenmpatan di tahun ini untuk lolos adalah Ghani (X MIPA 2) dan Indah (X MIPA 3).

Kami sangat senang dan kami bangga, karena SMA N 3 Boyolali adalah satu-satunya sekolah dengan peserta lolos seleksi PASDA dan PASKAB terbanyak, yaitu 80% dinyatakan lolos.  Berikut merupakan pesan dan kesan dari teman teman yang mendapat pengalaman untuk mengikuti seleksi PASDA dan PASKAB, baik yang dinyatakan lolos, maupun yang belum medapatkan kesempatan :

Claritha Nasywa Nur Rafidah : “kesan dan pesan saya saat saya diberikan kesempatan untuk mewakili boyolali ke tingkat jawa tengah yang pasti saya sangat tidak menyangka dapat diberikan kesempatan sebesar ini dan perjuangan yang saya lakukan selama ini akhirnya dapat terbayarkan dengan terpilihnya saya sebagai perwakilan boyolali untuk mengikuti seleksi tingkat Jawa Tengah dan dapat membanggakan orangtua saya.”

Dianalutfiyah Agustina : “Selasa, 22 Maret 2022 adalah hari terpilihnya saya menjadi paskibraka. Sangat bersyukur dan sangatlah bangga karena selama ini latihan tidak sia-sia. Saya percaya dengan kata-kata “siapa yang mau berusaha pasti akan mendapatkan hasil yang setara dengan usahanya”. Dengan disertai doa dan restu orang tua, saya terpilih menjadi paskibraka kabupaten. Harapan kedepannya, semoga bisa menjalankan tugas dengan amanah, bisa membahagiakan orang tua dan bisa membawa nama baik sekolah.”

Dino Hermawan : “yang saya dapat dari seleksi ini menyenangkan,terharu,dan bahagia,serta menambah pengalaman saya dalam ekstra paskibra,untuk pesan dari saya,Alhamdulillah dan saya bersyukur dapat terpilih menjadi capaska di tahun ini dan saya juga senang dapat membahagiakan orang tua saya”.

Dimas Handyka Prasetya : “lolos seleksi mendapatkan hal dimana saya diajarkan untuk menghargai orang lain dan bisa mendapatkan teman. Untuk pesannya sendiri dapat membanggakan orang tua dan mengajarkan apa itu korsa dan menambah pengalaman”.

Ghani Dyan Alvarengga : “saya senang sudah bisa mengikuti latihan dan seleksi paskab/pasda walaupun tidak lolos semoga tahun depan bisa mengikuti seleksi lagi. Pesan saya semoga tahun depan Smaga bisa mengirimkan calon paskab/pasda lebih banyak dari tahun ini. Terimakasih”.

Indah Widyastuti : “pengalaman yang sangat menyenangkan dan juga mengesankan,meski belum bisa lolos untuk menjadi paskibra kabupaten tahun 2022,namun seleksi kemarin adalah seleksi pertama saya untuk menjadi pembelajaran di tahun berikutnya. Sangat senang sekali bisa bertemu dengan orang-orang yang terpilih,dan saya berharap saya bisa lolos untuk tahun berikutnya.Pesan saya dengan mengikuti kegiatan seleksi paskibra kabupaten tahun 2022,sudah membuat orang tua bangga kepada saya.Saya berharap banyak untuk kedepannya,saya menjadikan kegagalan ini kesuksesan untuk saya di waktu selanjutnya”.

Muhamad Alfaridzy Zaelani : “kesan saya selama mengikuti seleksi dan pelatihan saya senang karena mendapat banyak pengalaman yang belum saya temui sebelumnya dan saya berhasil lolos seleksi PASKAB menjadi kebanggaan tersendiri karena tahun ini pertama kali saya mengikuti seleksi PASKAB dan alhamdulillah langsung lolos dan membanggakan orang-orang terdekat saya terutama kedua orang tua saya”

Ramdiva Sultan Maulana : “Kesan saya setelah terpilih menjadi capaskab adalah Senang , bangga dan terharu terhadap hasil yang saya peroleh. Pesan saya adalah membanggakan kedua orang tua.”

Safira Putri Hndayani : “Saya masih tidak menyangka bahwa saya bisa lolos seleksi calon paskibra kabupaten,banyak usaha yang telah saya lakukan untuk sampai di titik ini dan saya bisa mendapatkan pengalaman dimana saya bisa tau cara menghargai seseorang. Bahagia sekali rasanya ketika impian saya tergapai. Cita-cita untuk membanggakan kedua orang tua saya sudah tercapai disini,saya berharap saya mampu melakukan yang terbaik untuk menjadi anggota paskibraka kabupaten Boyolali”

Tegar Raffy Frediansyah : “kesannya untuk saya sangat senang karena bisa lolos ke PASKAB untuk membanggakan kedua orang tua saya yang mana saya juga gagal tahun lalu alhamdulillah tahun ini saya lolos, untuk pesannya tetap semangat perjuangan masih panjang untuk teman-teman yang belum terpilih tahun depan coba lagi!”

Itulah pesan dan kesan dari teman teman yang mengikuti seleksi PASDA dan PASKAB. Harapan kedepannya semoga Paskibra SMA N 3 Boyolali semakin maju dan banyak mendapatkan prestasi dari siswa-siswa hebat.

Share

Leave comment