UPACARA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL SMAN 3 BOYOLALI

[sman3boyolali.sch.id, Jumat, 13/05/2022] Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional telah sekian lama tidak dilaksanakan. Upacara kali ini mengusung tema “PIMPIN PEMULIHAN, BERGERAK UNTUK MERDEKA BELAJAR” Dengan pembina upacara Bapak Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M., upacara dilaksanakan dengan khidmat dan tetap menerapkan prokes. Petugas upacara Hardiknas adalah tim Paskibra Adhiyoda Paksindra, dengan pemimpin upacara Tegar Raffy Frediansyah dan pengibar bendera Nova Ardiansyah, Dwi Rahayu, dan Mohammad Alfaridzy.  Pembina upacara menyampaikan bahwa pidato sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan lebih singkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sambutan upacara Hardiknas kali ini berisi “Kurikulum Merdeka” di masa pandemi. Kurikulum Merdeka terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran dan sudah diterapkan lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Berarti siswa sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

Nadiem Makarim juga memaparkan bahwa kita juga tidak perlu lagi tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk “menghukum” guru atau siswa, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar. Kepala Sekolah harus termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.

Perubahan positif yang terjadi bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan siswa di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presiden Indonesia di Konferensi Tingkat Tinggi G20. Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi harus menjadi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia.

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL– DM, IL,  FT

Share

Leave comment