Pemilihan Ketua OSIS Berbasis Digital di SMA N 3 Boyolali

Pada hari Senin tanggal 4 September 2023, SMA Negeri 3 Boyolali mengadakan pemilihan ketua OSIS untuk periode 2023/2024. Acara pemilihan ketua OSIS dan wakil ketua OSIS ini dilakukan di dalam Gedung Serba Guna (GSG) dengan menggunakan komputer sebagai media pemilihan.

Terdapat hal baru dari pencalonan Ketua dan wakil ketua OSIS untuk periode 2023/2024, yaitu adanya pembentukan partai. Partai-partai tersebut adalah hasil gabungan dari beberapa ekstrakulikuler SMA Negeri 3 Boyolali. Bagi ektrakulikuler yang dianggap mampu dan memiliki jumlah anggota yang besar, ekstrakurikuler tersebut dipisah untuk dapat mendirikan partainya sendiri. Seluruh partai yang terbentuk tersebut kemudian diwajibkan untuk mengajukan calon ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023/2024.

Semua pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS diseleksi melalui wawancara oleh pengurus MPK/OSIS tahun ajaran 2022/2023. Dari banyaknya calon ketua dan wakil ketua OSIS terpilih 3 pasangan calon yang dianggap mampu dan berhak melanjutkan pada tahap selanjutnya yakni orasi visi misi.

            Ketiga pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS tersebut adalah:

  1. Fadhil Nafi & Mifta Yusuf
  2. Adikga Desmond & Aswin Pri Prakosa
  3. Azahra Bintang & Aulia Putri

Ketiga pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS menyampaikan visi dan misi mereka saat setelah upacara berlangsung. Orasi ini disaksikan oleh seluruh warga SMA Negeri 3 Boyolali guna mengetahui kualitas dari para pasangan calon tersebut agar nantinya dapat menentukan siapa yang layak dipilih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS periode selanjutnya.


            Setelah melaksanakan orasi, para peserta didik SMA Negeri 3 Boyolali diminta untuk kembali ke kelas masing masing dan dipanggil sesuai urutan kelasnya untuk melakukan pencoblosan. Pencoblosan atau pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini di laksanakan di Gedung Serba Guna SMA Negeri 3 Boyolali menggunakan komputer sebagai media pemilihan.

Melalui penggunaan teknologi yang ada, pemilihan dapat berlangsung lebih efisien waktu dan biaya karena tidak memerlukan banyak kertas dan waktu untuk menghitung hasil. Media ini dirancang mudah untuk dapat digunakan berkat tangan kreatif Muhammad Yahya bersama rekan-rekan MPK/OSIS.

Dari pemilihan yang telah dilaksanakan ini, pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS dengan suara tertinggi diperoleh pasangan nomor urut 2 yaitu Adikga Desmond & Aswin Pri Prakosa dengan perolehan suara sebanyak 655 suara dari 990 suara yang telah terdeteksi.

            Pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini diharapkan dapat menjadi wadah pembelajaran bagi seluruh peserta didik SMA Negeri 3 Boyolali dalam proses pemilihan dan pembelajaran lainnya mengenai pentingnya demokrasi.

Firstyan Chandra (XII MIPA 6)

Leave comment