Praktik Berdemokrasi dan Berwirausaha Melalui P5

Dalam rangka memenuhi tugas akhir Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kamis (16/11) peserta didik SMA Negeri 3 Boyolali yang telah mendapatkan kurikulum merdeka yakni peserta didik kelas 10 dan kelas 11 melaksanakan simulasi dan gelar karya. Simulasi Pemilihan Ketua OSIS dilaksanakan peserta didik kelas 10 sebagai tugas akhir dari P5 bertema “Suara Demokrasi” dan Gelar Karya Batik Ikat Celup sebagai tugas akhir peserta didik kelas 11 dari P5 yang mengusung tema “Kewirausahaan”.

Dalam tugas akhir P5 yang dilaksanakan oleh peserta didik kelas 10, mereka diminta untuk mempelajari rangkaian tata cara pemilihan ketua OSIS di kelas masing-masing. Walaupun dalam lingkup yang kecil, dengan dibantu oleh para fasilitator dari pihak bapak dan ibu guru, kegiatan simulasi tersebut dibuat semirip mungkin dengan pelaksanaan pemilihan ketua OSIS secara nyata. Dimulai dari tahap penentuan kandidat, orasi, debat, hingga pemilihan berlangsung. Properti yang mereka gunakan dalam simulasi tersebut bahkan terbilang cukup sederhana, rata-rata kelas hanya menggunakan kardus sebagai properti bilik suara.

Dalam tema suara demokrasi ini, diharapkan para peserta didik dapat memahami dan menerapkan makna demokrasi dalam lingkup organisasi sekolah hingga kondisi sebenarnya di lingkungan masyarakat dan dunia kerja.

Berbeda halnya dengan kelas 10, peserta didik kelas 11 melaksanakan tugas akhir P5 berupa gelar karya di Gedung Serba Guna SMA Negeri 3 Boyolali. Pada P5 kali ini, tema yang diusung adalah “Kewirausahaan” sehingga para peserta didik diminta belajar cara menjadi seorang wirausahawan melalui praktik pembuatan proposal, pembuatan produk, pembuatan packaging, hingga cara promosi, Batik ikat celup adalah produk yang dihasilkan dalam P5 tema ini. Produk tersebut dipamerkan melalui fashion show yang dilakukan oleh perwakilan setiap kelas dan dipamerkan melalui stand pameran yang didirikan di dalam Gedung Serba Guna.

Dalam P5 Kewirausahaan ini, harapannya peserta didik dapat menanamkan pengetahuan terkait cara menjadi seorang wirausahawan muda dan kecakapan untuk berwirausaha.

Share

Leave comment